Review Oppo Find X



OPPO Find X memiliki dua gradasi warna yang inovatif - Bordeaux Red dan Glacier Blue, yang bersinar seperti batu permata yang berharga. Demi menghasilkan efek gradasi yang mengalir, kamu menggunakan multifaceted color process yang inovatif, sehingga perangkat ini dapat bersinat dengan elegan melalui beragam sudut berbeda.

Layar Oppo Find X bertipe AMOLED selebar 6,42 inci (2.340 x 1.080 pixel, aspect ratio 19:9) yang berbingkai tipis dan tidak memiliki “poni” alias notch di bagian atas. Layar Find X memenuhi bagian atas ponsel dengan rasio 93,8 persen terhadap bodi. Kacanya sendiri, Oppo Find X menggunakan corning gorilla glass 5.

Hal lain yang unik dari Oppo Find X adalah terdapat sistem mekanik yang disebut teknologi Stealth 3D Camera berupa modul kamera geser (slider) untuk menyembunyikan kamera utama dan kamera depan. Adapun rincian dari ukuran masing-masing kamera adalah kamera utama beresolusi 16 megapiksel (f/2.0) dan 20 megapiksel (f/2.0), sedangkan kamera depan beresolusi 25 megapiksel (f/2.0). 

Selain untuk selfie kamera depan oppo find X mampu mengenal wajah secara tiga dimensi dengan proyektor inframerah 15.000 titik yang diletakkan berdampingan dengan kamera depan.
Fitur 3D face recognition pada Oppo Find X ini diklaim mampu mengenali wajah pengguna dalam waktu relatif singkat, yakni 0,6 detik. Selain itu teknologi tersebut diklaim lebih aman dari pemindai sidik jari, dengan rasio kesalahan 1/1.000.000 dibandingkan 1/50.000 untuk fingerprint scanner.   Soal jeroan, Oppo Find X dtenagai sytem-on-chip kelas atas Snapdragon 845 dari Qualcomm, GPU: Adreno 630, dipadankan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB. Baterainya berkapasitas 3.730 mAh.
Spesifikasi lain mencakup teknologi pengisian baterai cepat VOOC Charge, dukungan 4G/ 4G Plus TDD-LTE dan FDD-LTE, Bluetooth 5.0, port USB type-C, serta sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dilapis antarmuka ColorOS 5.1 ala Oppo.

Oppo Find X Menurut Penulis

Sebagai seorang youtuber, penulis memerlukan smartphone yang beresolusi tinggi untuk merekam game di smartphone, karena resolusi maksimal video hasil rekaman game bergantung pada resolusi layar android, Misalnya: Jika resolusi layar: 800 x 480, hasil rekaman layar android resolusi maksimalnya 800 x 480 (tidak bisa lebih) dan resolusi video termasuk salah satu faktor yang  mempengaruhi hasil pencarian di youtube. Semua youtuber tentunya menginginkan urutan videonya di halaman pertama dan urutan pertama. Resolusi layar 2.340 x 1.080 pada Oppo Find X, penulis pikir sudah cukup bagus untuk membuat video rekaman layar game android yang beresolusi Full HD (2.340 x 1.080). Selain berpengaruh pada mesin pencari youtube, resolusi video akan mempengaruhi mood penonton yang cenderung ingin melihat video yang  jelas dari pada video yang pecah-pecah ketika dalam mode full screen.

Dalam bermain game android,  jika layar terlalu besar akan sulit untuk multi touch dalam bermain game dan jika terlalu kecil akan sulit juga untuk menyentuh bagian detail yang kecil dalam bermain game.   Layar 6,24 inci Oppo Find X menurut penulis sudah cukup nyaman untuk bermain game, karena tingkat kenyamanan penulis dalam bermain game terutama game multi tasking antara 5,0 inci s/d 7,0 inci, terlebih lagi layar yang licin pada Oppo Find X nyaman di usap ketika bermain game.

Game android dewasa ini semakin lama, semakin membutuhkan smartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi, karena devloper game android tidak henti-hentinya membuat inovasi game android dengan memperindah grafis game yang tentunya kedepannya akan semakin membutuhkan GPU, CPU, dan RAM yang lebih tinggi pula, terlebih lagi penulis suka bermain game sambil merekam. Pada smartphone low end, merekam game berat tentunya menjadi kendala youtuber karena prosesor menangani dua aplikasi secara bersamaan, yakni game dan aplikasi perekam layar android. Selain menambah beban prosesor, kombinasi Game dan aplikasi perekam layar android juga memakan ramyang lebih besar yang terkadang membuat FPS game menurun, sehingga game menjadi lag. Penulis sering mendapat komentar tentang keluhan penonton karena gerakan video game di channel youtube penulis patah-patah. Yang lebih menjengkelkan lagi adalah recording gagal karena prosesor tidak sanggup menangani game dan aplikasi perekam layar android atau karena RAM penuh. Berbeda dengan Oppo Find X yang dibekali CPU: Snapdragon 845, GPU: Adreno 630, dan RAM: 8 GB. GPU: Andeno 630 sudah lebih dari cukup untuk memperindah game android yang paling berat, CPU: Snapdragon 845 bisa menangani Game + aplikasi perekam layar android, dan RAM sudah lebih dari cukup untuk menangani game berat. yang penulis tahu, game berat android paling besar membutuhkan ram 4 GB.

Sebagai youtuber gamer, penulis tentunya sewaktu-waktu ingin melakukan live streaming di Youtube dengan durasi paling panjang sekitar 3-5 jam, tetapi yang menjadi pertimbangan penulis adalah “berapa kapasitas baterai smartphone?” dan “berapa lama baterai smartphone tersebut bertahan?”. Jika Oppo F7 saja dengan kapasitas baterai 3.400 mAh bisa bertahan 8,3 jam tentunya Oppo Find X yang kapasitas baterainya lebih besar dengan ukuran 3.730 mAh sudah mencukupi kebutuhan penulis untuk live streaming game android ditambah lagi  fitur paling penting, yakni 4G LTE atau Wifi pada Oppo Find X juga sangat dibutuhkan untuk live streaming.

Selain untuk streaming, sewaktu-waktu penulis akan membutuhkan kamera utama atau kamera depan untuk membuat vlog yang akan penulis edit dan upload ke youtube dengan baterai yang tahan lama seperti baterai pada Oppo Find X. Kamera utama 16 megapiksel (f/2.0) dan 20 megapiksel (f/2.0) pada Oppo Find X sudah cukup bagus untuk merekam. Jika kameramen tidak ada, kamera depan pada Oppo Find X dengan ukuran 25 megapiksel (f/2.0) tidak beda jauh dengan kamera belakang bisa digunakan juga untuk membuat Vlog. Kamera yang paling berguna menurut penulis adalah kamera depannya, karena selain untuk membuat Vlog, kamera depan sangat membantu penulis untuk live streaming jika penulis akan melakukan live streaming game dengan facecam, supaya penulis bisa lebih dekat dengan para penonton.

Fitur 25MP AI-enhanced 3D Camera Personalize your selfie pada Oppo Find X berguna jika penulis akan membuat banner chanel youtube. Lalu, Apakah 25MP AI-enhanced 3D Camera Personalize your selfie? 25MP AI-enhanced 3D Camera Personalize your selfie adalah fitur untuk menganalisa wajah, hidung, dan mata, dan sebagainya untuk mempersonalisasi selfie kamu lebih natural. Sebagai tambahan, OPPO Find X dilengkapi dengan 3D lighting technique untuk foto artistik, sehingga foto yang penulis ambil dapat memberi kesan yang menarik. Jadi fitur tersebut bermanfaat bagi penulis untuk membuat banner channelyoutube  dengan foto yang natural, sehingga halaman channel youtube akan tampak profesional. Jadi akan memberikan kesan kepada pengunjung bahwa channel youtube penulis bukan channel youtube abal-abal.

Jika penulis membahas media penyimpanan pada Oppo Find X dengan ukuran Internal 256 GB dan External 400 GB, penulis pikir sangat cocok untuk youtuber vloger dan youtuber gamer seperti penulis, karena kapasitas file video full HD cenderung besar, terlebih lagi file video rekaman game full HD hitungannya Giga Byte, bukan Mega Byte. Pengalaman penulis dalam recording game android dengan resolusi 800 x 480 berdurasi20 menit 19 detik akan menghasilkan file berukuran 701 MB. Apalagi jika penulis akan recording game strory yang membutuhkan durasi panjang dengan resolusi2.340 x 1.080 pixel akan menghasilkan file yang berukuran lebih besar lagi. Yang penulis tahu mulai dari android Marsmallow hingga android Oreo terdapat fitur yang membuat memori external terbaca menjadi memori internal. Jadi jangan khawatir jika aplikasi game record tidak bisa membaca memori external dan memori internal mau penuh.

Fitur USB OTG juga sangat membantu penulis jika bluetooth gagal dalam melakukan pairing dengan perangkat lain. Jadi jika penulis membuat vlog dari perangkat lain dan akan memindahkan video recording ke Oppo Find X tinggal colokan flashdisk ke perangkat lain, pindahkan file ke flashdisk, cabut, lalu tancapkan ke Oppo Find X.

0 Response to "Review Oppo Find X"

Posting Komentar