LCD Monitor

LCD Monitor adalah penerus generasi dari monitor tabung. LCD monitor  terdiri dari bagian-bagian penting, yaitu:
  • Panel
Nggak tahu nama yang sebenarnya apa, kalau di pabrik saya biasa menyebutnya panel. Di dalam panel ini terdapat (1)backlight, (2)sejenis crystal kalau bosku menyebutnya ‘aklik’, (3)lampu, (4)beberapa lapisan dari plastik untuk mengatur kecerahan cahaya yang di hasilkan lampu, sebelum di pantulkan ke layar sehingga di dapat kecerahan yang tepat, (5)dan tentu saja bingkai panel yang terbuat dari plastik dan alumunium.
  • Inverter Board
Merupakan rangkaian yang berisi dua atau lebih trafo step-up dan beberapa komponen lain seperti IC, transistor, capasitor, dan resistor yang fungsinya untuk membangkitkan/ menaikkan tegangan tinggi untuk menghidupkan lampu yang ada di dalam panel tadi.
Video Board/Program Board

Bagian video dan program menyatu dalam satu PCB
  • Video board
sebagian besar terdiri dari IC video yang mengolah sinyal video analog yang berasal dari VGA PC. Dari video board, kemudian sinyal video akan di teruskan ke dalam blok PCB yang menyatu di dalam panel, (blok ini berfungsi seperti blok horizontal dan vertical pada monitor CRT). Dari sinilah dihasilkan gambar yang tampil pada layar LCD.
Program board berisi IC program yang mengatur kerja semua rangkaian LCD Monitor, seperti kalibrasi, pengaturan kontrol menu OSD, dan juga memori penyimpanan warna. Seperti processor pada PC. Pada program board juga mengolah H sync dan V sync dari kabel signal dan diteruskan ke bagian blok video.
Power Supply

Berisi trafo step-down yang mengubah tegangan AC menjadi DC, yang dipakai untuk mensupply semua bagian LCD. Tegangan output pada umumnya 12volt dan 5volt DC. Pada model-model tertentu LCD monitor menggunakan external adaptor.
  • Kabel Signal
Menghubungkan data dan sinyal dari VGA PC ke LCD monitor.
Dan bagian-bagian lainnya seperti cover, baseball, dan karton pembungkus.

0 Response to "LCD Monitor"

Posting Komentar